Diberdayakan oleh Blogger.

Steve The Spider Virtual Pet

Pictures of Sun Rays

Fish

Daily Horoscopes

Kiwipulse

Pictures of Autumn

Countdown to New Years

Minggu, 03 Februari 2013

Pemilihan Media Pembelajaran


PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

 Memilih media yang baik untuk pembelajaran bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Untuk kebutuhan suatu Proses Belajar Mengajar (PBM), masalah pemilihan media perlu dikuasai oleh guru. Pemilihan media pembelajaran yang baik dapat menghindari adanya kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan media. Jika suatu media digunakan untuk memfasilitasi suatu proses belajar mengajar maka media itu harus dipilih dan digunakan karena media ini memiliki potensi untuk mempermudah belajar.
Gerlach & Ely ( dalam Sihkabuden, 2005: 46 ) mengemukakan dalam penggunaannya, media tidak dapat langsung digunakan begitu saja oleh pengajar karena diperlukan suatu prosedur dalam proses pemilihannya. Oleh sebab itu, pemilihan dan penggunaan media harus benar-benar tepat agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan mudah. Pada akhirnya, pemanfaatan dan penggunaan media dapat menunjang efektifitas, efisiensi dan daya tarik dalam pembelajaran.


 Kearsley (dalam Sihkabuden, 1985: 46) mengungkapkan prosedur dalam pemilihan suatu media dalam proses belajar mengajar sebagai berikut : Identifikasi ciri-ciri media yang diperlukan sesuai dengan kondisi. Identifikasi karakteristik pebelajar. Identifikasi karakteristik lingkunangan belajar berkenaan dengan media yang akan digunakan. Identifikasi pertimbangan praktis yang memungkinkan media mana yang mudah digunakan dan dilaksanakan. Identifikasi faktor ekonomi. Mudhoffir (1999: 82) dalam bukunya Teknologi Instruksional, menyebutkan ada beberapa prinsip pemilihan media adalah sebagai berikut : Kesesuaian dengan tujuan pengajaran Tingkat kemampuan siswa Ketersediaan media Biaya Mutu teknik media.
Sedangkan Brown, Lewin & Harcleroad (dalam Sihkabuden, 1985: 47) mempunyai pendapat dalam prinsip-prinsip pemilihan suatu media yaitu: Tidak ada media yang menggantikan kedudukan dan peranan guru seratus persen dalam kelas. Tidak ada satupun media yang paling untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Media harus mempertimbangkan kesesuaian antara penggunaan dan cara pembelajaran yang dipilih. Pemilihan media jangan hanya bergantung pada pemilihan dan penggunaan media tertentu saja. Pemakaian media harus dilandasi dengan pemanfaatan yang baik dan juga didukung oleh faktor lingkungan. Pengalaman, kesukaan, minat dan kemampuan individu serta gaya belajar mungkin berpengaruh terhadap hasil penggunaan media.
Prinsip pemilihan media pembelajaran menurut Harjanto (1997:238) yaitu:
 1) tujuan;
 2) keterpaduan;
3) keadaan peserta didik;
4) ketersediaan;
5) mutu teknis;
 6) biaya. 
Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip media pemilihan media pembelajaran adalah : Media yang dipilih harus sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran, metode pengajaran yang digunakan, serta karakteristik siswa. Mengenali ciri-ciri tiap media pembelajaran Pemilihan media pembelajaran harus berorientasi pada peningkatan efektivitas belajar siswa. Pemilihan media harus mempertimbangkan biaya pengadaan, ketersediaan bahan media, mutu media, dan lingkungan fisik tempat belajar siswa

0 komentar:

Poskan Komentar