PEMILIHAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Memilih media yang baik
untuk pembelajaran bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Untuk
kebutuhan suatu Proses Belajar Mengajar (PBM), masalah pemilihan media perlu
dikuasai oleh guru. Pemilihan media pembelajaran yang baik dapat menghindari
adanya kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan media.
Jika suatu media digunakan untuk memfasilitasi suatu proses belajar mengajar
maka media itu harus dipilih dan digunakan karena media ini memiliki potensi
untuk mempermudah belajar.
Gerlach & Ely ( dalam Sihkabuden, 2005: 46 ) mengemukakan
dalam penggunaannya, media tidak dapat langsung digunakan begitu saja oleh
pengajar karena diperlukan suatu prosedur dalam proses pemilihannya. Oleh sebab
itu, pemilihan dan penggunaan media harus benar-benar tepat agar tujuan yang
diinginkan dapat tercapai dengan mudah. Pada akhirnya, pemanfaatan dan
penggunaan media dapat menunjang efektifitas, efisiensi dan daya tarik dalam
pembelajaran.
Kearsley (dalam
Sihkabuden, 1985: 46) mengungkapkan prosedur dalam pemilihan suatu media dalam
proses belajar mengajar sebagai berikut : Identifikasi ciri-ciri media yang
diperlukan sesuai dengan kondisi. Identifikasi karakteristik pebelajar.
Identifikasi karakteristik lingkunangan belajar berkenaan dengan media yang
akan digunakan. Identifikasi pertimbangan praktis yang memungkinkan media mana
yang mudah digunakan dan dilaksanakan. Identifikasi faktor ekonomi. Mudhoffir
(1999: 82) dalam bukunya Teknologi Instruksional, menyebutkan ada beberapa
prinsip pemilihan media adalah sebagai berikut : Kesesuaian dengan tujuan
pengajaran Tingkat kemampuan siswa Ketersediaan media Biaya Mutu teknik media.
Sedangkan Brown, Lewin & Harcleroad (dalam Sihkabuden, 1985:
47) mempunyai pendapat dalam prinsip-prinsip pemilihan suatu media yaitu: Tidak
ada media yang menggantikan kedudukan dan peranan guru seratus persen dalam
kelas. Tidak ada satupun media yang paling untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Media harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Media harus mempertimbangkan
kesesuaian antara penggunaan dan cara pembelajaran yang dipilih. Pemilihan
media jangan hanya bergantung pada pemilihan dan penggunaan media tertentu
saja. Pemakaian media harus dilandasi dengan pemanfaatan yang baik dan juga
didukung oleh faktor lingkungan. Pengalaman, kesukaan, minat dan kemampuan
individu serta gaya belajar mungkin berpengaruh terhadap hasil penggunaan
media.
Prinsip pemilihan media pembelajaran menurut Harjanto (1997:238)
yaitu:
1) tujuan;
2) keterpaduan;
3) keadaan peserta didik;
4) ketersediaan;
5) mutu teknis;
6) biaya.
Jadi dapat
disimpulkan bahwa prinsip-prinsip media pemilihan media pembelajaran adalah :
Media yang dipilih harus sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran, metode
pengajaran yang digunakan, serta karakteristik siswa. Mengenali ciri-ciri tiap
media pembelajaran Pemilihan media pembelajaran harus berorientasi pada
peningkatan efektivitas belajar siswa. Pemilihan media harus mempertimbangkan
biaya pengadaan, ketersediaan bahan media, mutu media, dan lingkungan fisik
tempat belajar siswa
0 komentar:
Posting Komentar