Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 03 Februari 2013

KELEBIHAN MUTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN


KELEBIHAN MUTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN

Berbagai kelebihan multimedia pembelajaran berikut mampu mengatasi kelemahan-kelemahan yang terdapat di dalam pengajaran konvensional :

 a. Tahap Interaktif Dengan bantuan hardware, multimedia dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan dan prinsip-prinsip suatu media dalam penyampaian suatu pesan sehingga pesan yang terkandung dapat tercapai. Dalam pemakaian suatu multimedia, pebelajar dapat mengawal sendiri arah dan alur pelajaran yang hendak dipelajarinya. Dari sini akan tercipta interaksi pebelajar dengan media yang dipergunakan.

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN


LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

Agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik maka perlu dipilih media pembelajaran yang akan  di gunakan. dan setelah  Media pembelajaran yang telah dipilih, maka agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis sehingga hasilnya pun akan maksimal. 

 Ada beberapa langkah penggunaan Media Pembelajaran  yang dapat dilakukan yaitu :

Pemilihan Media Pembelajaran


PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

 Memilih media yang baik untuk pembelajaran bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Untuk kebutuhan suatu Proses Belajar Mengajar (PBM), masalah pemilihan media perlu dikuasai oleh guru. Pemilihan media pembelajaran yang baik dapat menghindari adanya kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan media. Jika suatu media digunakan untuk memfasilitasi suatu proses belajar mengajar maka media itu harus dipilih dan digunakan karena media ini memiliki potensi untuk mempermudah belajar.
Gerlach & Ely ( dalam Sihkabuden, 2005: 46 ) mengemukakan dalam penggunaannya, media tidak dapat langsung digunakan begitu saja oleh pengajar karena diperlukan suatu prosedur dalam proses pemilihannya. Oleh sebab itu, pemilihan dan penggunaan media harus benar-benar tepat agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan mudah. Pada akhirnya, pemanfaatan dan penggunaan media dapat menunjang efektifitas, efisiensi dan daya tarik dalam pembelajaran.

Macam-Macam Media Pembelajaran


Macam-Macam Media Pembelajaran  ada 4 (lima) kategori media pembelajaran yaitu :

1. Berdasarkan ciri fisik
Berdasarkan ciri fisik dan bentuknya, media pembelajaran dapat
dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu :
a. Media pembelajaran dua dimensi (2D), yaitu media yang tampilannya
dapat diamati dari satu arah pandangan saja yang hanya dilihat dimensi
panjang dan lebarnya saja. Misalnya foto, grafik, peta, gambar, papan
tulis, dan semua media yang hanya dilihat dari sisi datar saja.
b. Media pembelajaran tiga dimensi (3D), yaitu media yang tampilannya
dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi
panjang, lebar, dan tinggi/tebal. Media ini juga tidak menggunakan media
proyeksi dalam pemakaiannya. Kebanyakan media tiga dimensi ini
merupakan objek sesungguhnya (real object) atau miniatur suatu objek,
dan bukan foto, gambar atau lukisan. Beberapa contoh media 3D adalah
 
model, prototype, bola, kotak, meja, kursi, mobil, rumah, gunung, dan
alam sekitar.

Pengertian Media Pembelajaran


Pengertian Media Pembelajaran

Kata media berasal dari bentuk jamak kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Gagne (2006: 14) mengemukakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Istilah media dalam bidang pembelajaran disebut juga media pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, alat bantu atau media tidak hanya dapat memperlancar proses komunikasi akan tetapi dapatmerangsang siswa untuk merespon dengan baik segala pesan yang disampaikan.
Penggunaan media pembelajaran selain dapat memberi rangsangan bagi siswa untuk terjadinya proses belajar, media pembelajaran juga memiliki peranan penting dalam menunjang kualitas proses belajar mengajar. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh Yusufhadi Miarso (2004:458):